Standar Proses UCD Untuk Sistem Interaktif

 

Person using a Smartphone - Source : Photo by cottonbro studio: www.pexels.com/

UCD adalah singkatan dari User Centered Design, yang merupakan persamaan dari HCD atau Human Centered Design. UCD merupakan istilah yang merujuk pada pendekatan rancangan secara iteratif yang melibatkan para pengguna pada tahap awal untuk proses pengembangan sistem interaktif, yang berfokus kepada tujuan kegunaan, kerakteristik pengguna, lingkungan, tugas dan alur kerja dari sebuah sistem. Selain itu prinsip dari metode ini di antaranya adalah fokus kepada user, perancangan yang saling beintegrasi dan perancangan yang interaktif.

Tujuan dilakukan metode UCD dalam pengembangan sistem, adalah untuk mengatasi masalah ketidakmampuan yang terjadi pada user, ketika menggunakan sistem. Diharapkan, seorang user mampu mengetahui fungsi sistem hanya dalam sekali penggunaan.

Dalam metode pendekatan UCD, terdapat 4 tahapan yang harus dijalankan seorang pengembang sistem. Yaitu, menentukan konteks penggunaan (specify the context of use), menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi (specify user and organization), membuat solusi desain (produce design solution) dan mengevaluasi desain (evaluate designs against user requirement).

Sebelum memulai proses idetifikasi pengembangan sistem dengan metode UCD, pengembang akan melakukan diskusi atau pertemuan untuk mencapai komitmen dari berbagai pihak yang bersangkutan, mengenai kesempatan waktu dan peluang. Karena metode pengembangan sistem UCD, tidak lepas dari keterlibatan pengguna sebelum menentukan konteks penggunaan pada tahap pertama.


UCD Steps based ISO 13407 - Modified by : akbarvideoeditor03


1. Menentukan Konteks Penggunaan (Specify The Context of Use)

Specify the context of use adalah proses identifikasi pengguna yang akan menggunakan sistem. Baik itu berbasis aplikasi atau website. Misalnya, dengan pendekatan observasi dan wawancara terhadap calon pengguna. Hal tersebut bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan dalam kondisi seperti apa mereka menggunakan sistem.

2. Menentukan Kebutuhan Pengguna Dan Organisasi (Specify User And Organization)

Singkatnya, tahap ini melakukan identifikasi terjadap apa saja yang user atau pengguna inginkan pada sistem aplikasi atau website yang akan dilakukan pengembangan.

3. Membuat Solusi Desain (Produce Design Solution)

Pada tahap ini, seorang pengembang melakukan rancangan desain. Yang merupakan bagian penting dari tahap ini yaitu pembuatan prototype, yang tujuannya untuk dilakukan pengujian terhadap calon pengguna agar memperoleh hasil solusi dari permasalahan yang didapat dari prototype yang telah dibuat.

4. Mengevaluasi Desain (Evaluate Designs Against User Requirement)

Tahap ini merupakan tahap evaluasi dari dasain yang telah dibuat pada tahap-tahap sebelumnya, dan sudah sesuai dengan keinginan pengguna dimana telah dilakukan pengujian pada rancangan sebelumnya apakah sudah sesuai dengan keinginan dan tujuan pengguna, atau belum.


Sumber referensi :


Komentar