Apa Itu Ubiquitous Computing dan Seperti Apa Contohnya?

Earth Technology
Source : HD Wallpapers Life

Pernahkan Anda mendengar Ubiquitous Computing?, apa artinya Ubiquitous Computing?, apakah istilah yang tidak umum didengar itu ada di sekeliling kita?. Nah, sebelum pembaca masuk ke pembahasan yang lebih jauh, penulis akan menjelaskan apa itu Ubiquitous Computing terlebih dahulu.

 

Pengertian Ubiquitous Computing

Ubiquitous Computing atau ”ubicomp” merupakan sebuah istilah yang memiliki arti “komputasi dimana-mana”. Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli ilmu komputer Amerika Serikat, yang bernama Mark Weiser pada tahun 1988.


Mark Weiser
Source :  feiramoderna.net

Ia menjelaskan bahwa Ubiquitous Computing merupakan sebuah model atau sebuah konsep interaksi manusia-komputer yang paling canggih dan modern, dimana proses informasi keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Ubiquitous Computing menjadikan sebuah teknologi saling dapat berinteraksi dengan penggunanya dalam jaringan internet. Dengan cara menjadikan teknologi tersebut mudah diakses dan dijangkau (murah) oleh masyarakat luas untuk membantu aktivitas kehidupan manusia sehari-harinya. Dengan kata lain, konsep ini mengacu pada kumpulan aktivitas manusia yang sudah menggunakan teknologi dimana-mana.


Ubicomp Works
Source : Spicework

Dikutip dari laman Wikipedia.com, bahwa Ubiquitous Computing diusulkan oleh Mark Weiser semuanya didasarkan pada perangkat datar dengan ukuran berdeda dengan tampilan visual. Mark Weiser mengusulkan bahwa terdapat tiga bentuk dasar untuk perangkat komunikasi di mana-mana.

  1. Tab       : perangkat dengan ukuran sekitar 1 cm
  2. Pads     : perangkat dengan ukuran 1 dm
  3. Papan  : perangkat dengan ukuran >1 m

Penjelasan lainnya terkait Ubiquitous Computing adalah teknologi yang tercipta, mulai beralih atau meninggalkan “off the desktop”. Artinya pengguna dapat merasakan pengalaman seperti menggunakan komputer hanya dengan menggunakan smartphone digenggamannya. Selain itu, cara mengoperasikannya pun cenderung lebih bersifat natural. Seperti mengetik teks pesan hanya menggunakan suara, hingga kamera dapat menangkap gambar, hanya dengan sebuah gerakan manusia. 


Contoh Ubiquitous Computing

Setelah Anda mengetahui apa itu Ubiquitous Computing, selanjutnya akan dibahas contoh dari Ubiquitous Computing. Dalam hal ini penulis akan mengambil contoh yang mungkin sedang tren saat ini. Yaitu mobil otomatis.


Car System Roads Screen's
Source : AutoX YouTube Channel


Mobil, umumnya adalah sebuah kendaran beroda 4 atau lebih yang digunakan untuk membantu tugas manusia dengan bantuan seorang kemudi di dalamnya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, sebuah mobil sudah tidak lagi membutuhkan manusia sebagai tukang kemudinya. Tetapi, sudah dapat berjalan otomatis sesuai perintah dan instruksi dari para penumpangnya.

Self driving car sudah ada di berbagai negara di dunia. Salah satunya berada di negara Tiongkok. Dalam sebuah video YouTube yang diunggah oleh channel KompasTV memperlihatkan secara jelas stir mobil yang bergerak sendiri dengan otomatis. Kabarnya, mobil itu bernama Apollo Robot Taxi yang diproduksi oleh perusahaan otomotif Baidu yang sebelumnya dikenal sebagai perusahaan operator mesin pencari.

Dalam sesi wawancara, Wei Dong mengungkapkan bahwa mobil otomatis ini dapat mengurangi ketergantungan kepada manusia serta dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi yang ngantuk.

Sementara dalam video lainnya, memperlihatkan kecanggihan mobil otomatis di Tiongkok dapat mendeteksi pengguna jalan yang sedang menyebrang di depannya. Sehingga, dengan otomatis laju mobil akan berkurang.


Link referensi:

Komentar